Apa
yang dimaksud Pemasaran Online?
Pemasaran online merupakan seperangkat alat atau metodologi yang dimanfaatkan
untuk mempromosikan produk, baik itu yang berupa barang maupun layanan, melalui
internet. Pemasaran online memiliki cakupan yang lebih luas daripada bisnis
tradisional. Ini karena saluran tambahan dan mekanisme pemasaran yang tersedia
di internet bisa menjangkau area yang lebih luas. Dengan menggunakan pemasaran
online, produk tidak hanya bisa dibeli oleh orang-orang yang berada dekat
dengan bisnis tersebut saja. Publik yang berada di luar daerah juga bisa
mengetahui keberadaan produk tersebut dan membelinya lewat internet. Pemasaran
Online sering disebut juga web marketing, digital marketing, atau pun pemasaran
internet. Jenis pemasaran online juga beragam yang bisa dimanfaatkan oleh
berbagai sektor industri yang berbeda sesuai dengan kebutuhan. Berikut jenis-jenis
pemasaran online.
Jenis-Jenis
Pemasaran Online :
1. E-Commerce
Keberadaan
e-commerce seperti Tokopedia, Blibli, maupun Shopee, yang membuka kesempatan
yang lebih luas kepada pelaku usaha untuk memasarkan produk mereka ke luar
daerah. Pemasaran online lewat e-commerce terbilang sangat mudah dan hemat
biaya.
2.
Social
Media Marketing
Jika
lewat e-commerce kebanyakan pedagang langsung menawarkan produk mereka untuk
dibeli, social media marketing atau pemasaran online lewat media sosial
memiliki fungsi dan mekanisme yang lebih luas. Jadi, selain berpromosi dan
membuat calon konsumen melakukan transaksi, media sosial juga bisa menjadi cara
untuk meningkatkan brand awareness di kalangan publik serta berinteraksi
langsung dengan konsumen. Lewat media sosial, Anda juga bisa mendapatkan data
mengenai bagaiman persepsi publik terhadap brand atau perusahaan Anda.
3.
SEO
SEO
atau Search Engine Optimization merupakan salah satu jenis pemasaran online
yang sangat penting bagi Anda yang ingin menjangkau pasar yang lebih luas.
Tujuan utama dari SEO adalah untuk membuat brand atau perusahaan Anda tampil di
peringkat yang lebih tinggi dalam pencarian.
4.
Content
Marketing
Content
marketing merujuk pada unggahan konten informatif dan bernilai dalam bentuk
artikel blog, video, atau gambar. Konten harus dipublikasikan secara konsisten
serta mempertimbangkan target audiens bisnis. Content marketing mampu
meningkatkan reputasi bisnis sehingga lebih dipercaya dibandingkan kompetitor
lainnya dalam satu industri. Metode pemasaran ini tidak membutuhkan biaya apa
pun, tetapi bisa menarik perhatian konsumen.
5.
Search
Engine Marketing atau Pay-per-Click (PPC)
Selain SEO, ada pula Search Engine Marketing yang dilakukan secara berbayar. Dalam strategi ini, bisnis memasang iklan yang muncul pada bagian atas SERP. Biaya iklannya tergantung pada jumlah klik yang diterima sehingga disebut “pay–per–click“. Strategi ini sangat efisien dari segi waktu karena iklanmu langsung ditemukan oleh pengguna internet. Dalam strategi ini hanya perlu meriset kata kunci dan penargetan audiens untuk meningkatkan potensi keberhasilan iklannya.
Selain jenis-jenis pemasaran online ada juga manfaat pemasaran online.
Adapun
Manfaat Pemasaran Online Bagi Bisnis :
1.
Menjangkau
pasar yang lebih luas. Pemasaran online memungkinkan Anda menjangkau pasar yang
lebih luas tanpa terbatas pada letak geografis. Tidak hanya luar daerah, Anda
bahkan bisa menjangkau konsumen di luar negeri.
2.
Menaikkan
penjualan. Dengan jangkauan pasar yang lebih luas, kesempatan meraih angka
penjualan yang lebih tinggi juga akan semakin besar.
3.
Lebih
hemat biaya. Dibandingkan metode pemasaran secara offline seperti menyewa toko,
promosi dari papan reklame, media cetak atau televisi, pemasaran lewat internet
jelas jauh lebih murah dan terjangkau.
4.
Memberi
kesempatan pada bisnis Anda untuk lebih memahami konsumen. Interaksi dengan
konsumen di media sosial memungkinkan Anda untuk lebih dekat dengan mereka dan
mengetahui perilaku mereka. Ini juga akan memudahkan Anda dalam merancang
produk maupun kampanye selanjutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar