Kamis, 13 Oktober 2022

Pemasaran


Pemasaran adalah suatu aktivitas dalam menyampaikan barang atau jasa kepada para konsumen, dimana kegiatan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Sedangkan menurut Laksana (2019:1) : pemasaran adalah bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan kegiatan transaksi produk barang atau jasa. Sehingga pengertian pasar bukan lagi merujuk kepada suatu tempat tapi lebih kepada aktifitas atau kegiatan pertemuan penjual dan pembeli dalam menawarkan suatu produk kepada konsumen.

Ada dua pelaku utama yang terlibat dalam kegiatan pasar, yang pertama pedagang, pedagang atau penjual merupakan orang-orang yang menjual barang-barang yang dimilikinya, yang kedua pembeli, pembeli adalah orang-orang yang membeli dagangan yang ditawarkan oleh pedagang. Dalam pemasaran ada juga kegiatan negoisasi atau proses tawar-menawar dengan jalan berunding untuk mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak dan pihak lain. Pemasaran sangat berperan penting dalam masyarakat karena pemasaran menyangkut berbagai aspek kehidupan, termasuk bidang ekonomi dan sosial. Pemasaran berarti mengalirkan produk dari produsen ke konsumen, maka pemasaran akan menciptakan lapangan kerja yang penting bagi masyarakat.

Dalam rangka mencapai kepuasan konsumen, kegiatan pemasaran mempunya tiga fungsi yaitu :

1. Fungsi Pertukaran

Melalui pemasaran, perusahaan dapat menukar produk yang dimilikinya dengan uang atau produk lain. Hasil pertukaran tersebut dapat dipergunakan kembali oleh perusahaan untuk kegiatan operasional dan penambahan aset.

2. Fungsi Distribusi Fisik

Mendistribusikan barang atau jasa menjadi bagian dari kegiatan pemasaran. Produk yang sudah dihasilkan oleh perusahaan perlu disebar ke beberapa daerah agar bisa diakses oleh target pasar yang juga menyebar.

3. Fungsi Perantara

Pemasaran adalah alat yang menjembatani pihak perusahaan dengan konsumennya untuk melakukan kegiatan pertukaran. Dalam fungsi ini, terdapat aktivitas pembiayaan, pencarian informasi, dan lain-lain.

Setiap kesalahan pasti bisa diperbaiki tak terkecuali kesalahan dalam pemasaran, kesalahan-kesalahan tersebut dapat dihindari dengan membuat perencanaan yang matang, fokus pada detail, serta evaluasi yang berkelanjutan. adapun kesalahan-kesalahan dalam pemasaran yang umumnya sering terjadi adalah berkaitan dengan :

1. timing / pemilihan waktu

2. pesan iklan yang tidak sampai pada konsumen

3. cara promosi yang kurang tepat

4. data yang tidak up-to-date

5. kurangnya komunikasi dengan konsumen

Seperti yang tertera diatas pemasaran sangat tenar dalam masyarakat diberbagai aspek kehidupan. Banyak sekali wirausahawan yang membangun berbagai macam usaha dengan kreatifitasnya masing-masing mulai dari usaha makanan, rental mobil, toko buku, dan masih banyak lagi. Usaha-usaha tersebut tersebar hampir disemua wilayah Indonesia. Contohnya Kota Jogja yang sudah tidak heran lagi karena terkenal kota surga makanan yang masyarakatnya menjual berbagai makanan. Mulai dari makanan daerah Jogja sendiri, makanan luar Jogja yang beberapa dijual di Jogja, bahkan street food atau makanan dari Korea ataupun Jepang yang sedang hits. Karena itulah pemasaran sudah jelas melekat di jiwa masyarakat Indonesia maupun luar negeri.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Natur Hair Tonic

  Natur Hair Tonic  A. Spesifikasi Produk Merek                                      : Natur Hair Tonic  Varian                       ...