Pemasaran
Pemasaran adalah suatu aktivitas dalam menyampaikan barang atau jasa kepada para konsumen, dimana kegiatan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Sedangkan menurut Laksana (2019:1) : pemasaran adalah bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan kegiatan transaksi produk barang atau jasa. Sehingga pengertian pasar bukan lagi merujuk kepada suatu tempat tapi lebih kepada aktifitas atau kegiatan pertemuan penjual dan pembeli dalam menawarkan suatu produk kepada konsumen.
Ada dua pelaku utama yang terlibat dalam
kegiatan pasar, yang pertama pedagang, pedagang atau penjual merupakan
orang-orang yang menjual barang-barang yang dimilikinya, yang kedua pembeli,
pembeli adalah orang-orang yang membeli dagangan yang ditawarkan oleh pedagang.
Dalam pemasaran ada juga kegiatan negoisasi atau proses tawar-menawar dengan
jalan berunding untuk mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak dan pihak
lain. Pemasaran sangat berperan penting dalam masyarakat karena pemasaran
menyangkut berbagai aspek kehidupan, termasuk bidang ekonomi dan sosial. Pemasaran
berarti mengalirkan produk dari produsen ke konsumen, maka pemasaran akan
menciptakan lapangan kerja yang penting bagi masyarakat.
Dalam rangka mencapai kepuasan konsumen,
kegiatan pemasaran mempunya tiga fungsi yaitu :
1. Fungsi Pertukaran
Melalui pemasaran, perusahaan dapat menukar produk yang dimilikinya dengan uang atau produk lain. Hasil pertukaran tersebut dapat dipergunakan kembali oleh perusahaan untuk kegiatan operasional dan penambahan aset.
2. Fungsi Distribusi Fisik
Mendistribusikan barang atau jasa menjadi
bagian dari kegiatan pemasaran. Produk yang sudah dihasilkan oleh perusahaan
perlu disebar ke beberapa daerah agar bisa diakses oleh target pasar yang juga
menyebar.
3. Fungsi Perantara
Pemasaran adalah alat yang menjembatani
pihak perusahaan dengan konsumennya untuk melakukan kegiatan pertukaran. Dalam
fungsi ini, terdapat aktivitas pembiayaan, pencarian informasi, dan lain-lain.
Setiap kesalahan pasti bisa diperbaiki tak
terkecuali kesalahan dalam pemasaran, kesalahan-kesalahan tersebut dapat
dihindari dengan membuat perencanaan yang matang, fokus pada detail, serta
evaluasi yang berkelanjutan. adapun kesalahan-kesalahan dalam pemasaran yang
umumnya sering terjadi adalah berkaitan dengan :
1. timing / pemilihan waktu
2. pesan iklan yang tidak sampai pada
konsumen
3. cara promosi yang kurang tepat
4. data yang tidak up-to-date
5. kurangnya komunikasi dengan konsumen
Seperti yang tertera diatas pemasaran
sangat tenar dalam masyarakat diberbagai aspek kehidupan. Banyak sekali
wirausahawan yang membangun berbagai macam usaha dengan kreatifitasnya
masing-masing mulai dari usaha makanan, rental mobil, toko buku, dan masih
banyak lagi. Usaha-usaha tersebut tersebar hampir disemua wilayah Indonesia. Contohnya
Kota Jogja yang sudah tidak heran lagi karena terkenal kota surga makanan yang masyarakatnya
menjual berbagai makanan. Mulai dari makanan daerah Jogja sendiri, makanan luar
Jogja yang beberapa dijual di Jogja, bahkan street food atau makanan dari Korea
ataupun Jepang yang sedang hits. Karena itulah pemasaran sudah jelas melekat di
jiwa masyarakat Indonesia maupun luar negeri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar